TATA CARA SEMBAHYANG

Om Swastyastu,

Umat sedharma yang berbahagia

Tirtabhuana.com, Seluruh umat Hindu melaksanakan persembahyang tiga kali dalam sehari, Tri Sandhya yaitu pada waktu pagi, siang, dan sore/malam hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa bhakti dan syukur atas rejeki yang telah diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ketika ingin melaksanakan persembahyang hendaknya umat terlebih dahulu membersihkan raga (badan kasar), batin, dan pikiran.

Pada dasarnya sembahyang terdiri atas dua kata, yaitu: (1) Sembah yang berarti sujud atau sungkem yang dilakukan dengan cara-cara tertentu dengan tujuan untuk menyampaikan penghormatan, perasaan hati atau pikiran baik dengan ucapan kata-kata maupun tanpa ucapan, misalnya hanya sikap pikiran. (2) Hyang berarti yang dihormati atau dimuliakan sebagai obyek dalam pemujaan, yaitu Tuhan Yang Maha Esa (Bajrayasa, Arisufhana & Goda 1981:13).

Ketika bersembahyang tidak meminta sesuatu kepada-Nya, selain mengucapkan doa-doa suci. Perhatikanlah makna Kekawin Arjuna Wiwaha sebagai berikut:

“Adalah orang yang tidak pernah melaksanakan brata tapa yoga samadi, dengan lancang ia memohon kesenangan kepada Widhi (dengan memaksa) maka ditolaklah harapannya itu sehingga akhirnya ia menemui penderitaan dan kesedihan, disakiti oleh sifat-sifat rajah (angkara murka/ ambisius) dan tamah (malas dan loba), ditindih oleh rasa sakit hati.  Itu berarti pula bahwa Hyang Widhi mengasihi dan memberkati hamba-Nya yang melaksanakan brata tapa yogi samadi terus menerus tanpa mengharap pahala”.

Berikut ini adalah gambaran untuk tata cara sembahyang pada laki-laki maupun perempuan. Terdapat perbedaan pada sikap duduk saat melakukan persembahyangan. Pada laki-laki  (gambar atas) bersikap Padma asana (duduk bersila) sedangkan pada perempuan (gambar bawah) bersikap Bajra asana (duduk bersimpuh).

 

 

 

 

Pada kesempatan ini, dijelaskan mengenai tata cara sembahyang dan mantram yang juga dapat dilihat pada halaman puja mantra mantram Hindu ataupun dapat mendownload pada halaman pustaka e-book doa Hindu yang tersedia.

Om Shanti, Shanti, Shanti Om…

error: Content is protected !!