Semeton Bali Turut Berpartisipasi Dalam Festival Seni & Budaya Bekasi

Semeton Bali Turut Berpartisipasi Dalam Festival Seni & Budaya Bekasi

Untuk melestarikan Seni dan Budaya khususnya Budaya Sunda (Jawa Barat) dan termasuk seni budaya nasional lainnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melaksanakan “Festival Seni Budaya” yang dilaksananan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 07 Oktober 2018 dan diikuti oleh 8 Pemerintahan kota dan Kabupaten seperti Pemkot Bekasi, Bogor, Sukabumi dan Pemkab Cimahi, Kerawang, Subang, Sumedang, Garut dab Bandung Barat.

Festival seni budaya ini dikemas dalam bentuk pawai dengan posisi kumpul dan start di PintunTmur GOR Patriot Candrabaga dengan ruta dari GOR kearah kiri menuju jembatan Sumarecon, dibawah jembatan memutar balik dan kembali finish di GOR Candrabaga Bekasi. Masing-masing pemerintah kota dan kabupaten menampilkan tarian daerahnya masing-masing. Pelaksanaan Pawai Festival budaya ini diawali dengan laporan dari Kadis Pariwisata & Kebudayaan dan sambutan dari Walikota Bekasi Bapak Dr. Rahmat Effendi.

Bapak Walikota menyampaikan Visi Pemkot Bekasi yaitu “Cerdas kreatif, maju bersama dan ikhsan kotaku”. Adapun maksud dan tujuan dari penyelenggaraan festival budaya ini adalah memperkenalkan seni budaya Jawa Barat, melestarikan budaya Indonesia, membangkitkan rasa banga sebagai bangsa yang memiliki aneka ragam seni budaya. Iring-iringan pawai diawali oleh marching band gita patriot, mascot bekasi kemudian diikuti oleh tari-tarian daerah khas jawa barat yang ada di masing-masing kota dan kabupaten, Kostum Kreasi dan Kreasi tari.

Semeton Bali khususnya Umat Hindu di lingkungan SDHD Bekasi menampilkan Tari Ramayanan dengan tokoh utamanya Sri Rama, Laksmana, Hanuman dan Rahwana serta diiringi oleh semeton berpakaian adat Bali madya dan dikawal oleh pecalang atau petugas keamanan yang berpakaian poleng khas Bali. Tidak ketinggalan diiringi juga oleh gambelan Bleganjuran.

Kehadiran Tari Kreasi dari semeton Bali ini mendapat apresiasi dari Bapak Walikota Bekasi. Pada kesempatan ini hadir pula Ketua PHDI Kota Bekasi Bapak Made Rudita. Untuk mengabadikan kegitan festival budaya ini Bapak Walikota berkenan foto bersama dengan seluruh peserta Tari Kreasi bali ini.

Sebagai bagian dari warga masyarakat Bekasi yang baik, semeton Bali berupaya turut berpartisipasi dan sekaligus memperkenalkan budaya Bali dan existiensi umat Hindu di Bekasi.
Dengan berpegang pada ajaran wasu daiwa kutumbakam bahwa semua manusia bersaudara, semoga semoga kegiatan ini bermanfaat dan semua mahluk berbahagia…….!

 

error: Content is protected !!