Neraka Bagi Mereka Yang Gemar Menjelekkan Orang Lain

Neraka Bagi Mereka Yang Gemar Menjelekkan Orang Lain

Renungan Menyambut Tahun Baru 2019

Om Swastyastu

Berhati-hatilah menjadi “orang hebat” dalam menjelek-jelekkan yang lain. Jika zaman dahulu orang-orang tidak terpelajar memperlihatkan kebodohannya dengan cara menjelek-jelekkan orang lain, maka zaman sekarang orang-orang terpelajarlah yang memperlihatkan kebodohannya dengan cara menjelek-jelekkan orang lain.

Mereka tidak akan bersaing dengan memperlihatkan keterpelajarannya melainkan dengan persaingan saling menjatuhkan satu sama lain. Mengangkat diri atau kelompok dengan cara menjatuhkan orang atau kelompok lain akan dijadikan sebagai “brahma astra” atau bom atom.

Mereka merasa “menemukan” keterpelajarannya di sana, dalam menjelek-jelekkan yang lain. Mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang berusaha “membunuh nyamuk dengan senjata bom atom”, bahwa:
“Kebiasaan menjelek-jelekkan yang lain akan membabat habis akar kebaikan leluhur. Setelah “pohon leluhur roboh” dengan segera “pohon sang diri” jatuh ambruk habis tanpa sisa. Orang-orang seperti itu akan “melihat neraka” di dunia ini dan juga di dunia setelah meninggal.”

Om Santih Santih Santih

(Darmayasa, New Delhi 29 Desember 2018)

Sumber: Dharmavada

error: Content is protected !!